Guru SMA Plus Liwaul Furqon Raih Juara 1 Literacy Awards 2017

Kabar bahagia kembali datang menghiasi keluarga besar SMA Plus Liwaul Furqon. Sebuah prestasi gemilang berhasil ditorehkan oleh guru School of Moslem Leaders yang bernama Iin Amrullah, S.Si yang berhasil meraih JUARA 1 Literacy Awards Baznas-Republika. Guru Biologi SMA Plus Liwaul Furqon ini berhasil mengalahkan 24 finalis lainnya. Tentunya torehan prestasi ini menjadi kado terindah bagi SMA Plus Liwaul Furqon yang bertepatan dengan Hardiknas, 2 Mei 2017.

Program Literacy Awards ini merupakan program yang digagas oleh Pusat Pengembangan Pesantren dan Pendidikan (P4) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerja sama dengan Harian Republika. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan pendidik dari tingkat SD, SMP, SMA hingga pesantren. Sebelumnya para peserta membuat resensi buku “Ayah….Kisah Buya Hamka” dan membuat sebuah program inspirasi. Ada 25 finalis yang berhasil melewati babak seleksi tingkat nasional ini. Setelah itu 25 finalis tersebut diundang untuk mempresentasikan programnya dan mengikuti pelatihan hingga penghargaan 5 besar terbaik.

Kegiatan pelatihan dan presentasi finalis berlangsung dari tanggal 30 April – 1 Mei 2017 bertempat di SMP Cendekia Baznas Cibungbulang, Bogor. Adapun yang bertindak sebagai dewan Juri Literacy Awards ini adalah Ir. Mintarti M.Si dari P2 SDM, LPPM IPB (Penggerak 170 posdaya binaan IPB), Syahruddin El Fikri (Kepala Redaksi Republika Penerbit), dan Ahmad Fikri (Direktur Baznas Tanggap Bencana, Kepala Bagian Kemanusiaan Baznas). Secara bergantian, 25 finalis tersebut memaparkan programnya dan dinilai oleh ketiga dewan juri tersebut.

Puncak acara dan penganugerahan hadiah Literacy Awards 2017 ini berlangsung di Auditorium Andi Hakim Nasution Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, Jawa Barat (1 Mei 2017). Terbaik pertama program Literacy Awards Baznas-Republika 2017 ini diraih oleh In Amrullah (guru SMA Plus Liwaul Furqon) dengan judul program Coaching Literasi Santri. Adapun untuk terbaik kedua diraih oleh M. Hairul dengan judul program  Membangun Literasi melalui reading emergency zone (areal membaca darurat). Dan untuk terbaik ketiga hingga kelima diraih oleh Siti Zulaedah (IPB Mengajar), Dian Riski Lestari (Ngaji Bareng Jakarta di CAR Free Day HI), dan Fitra Syaifullah (Care & share Garden).

“Alhamdulillah, rasanya senang sekali dan bersyukur bisa berdiri di atas podium juara tersebut” ungkap Pak Iin saat mengisi apel pagi (3/05/2017) di halaman SMA Plus Liwaul Furqon. Banyak pengalaman, ilmu dan kenangan berharga yang didapatkan saat mengikuti ajang Literacy Awards tersebut, tambah pembina KIR An-Nahl ini. Segenap civitas akademika keluarga besar SMA Plus Liwaul Furqon mengucapkan “Barakallah dan SELAMAT kepada Pak Iin Amrullah atas torehan prestasi gemilangnya ini”. Semoga menjadi spirit dan inspirasi bagi dewan guru yang lain dan juga para siswa SMA Plus Liwaul Furqon untuk meningkatkan budaya literasi dan semangat dalam meraih prestasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *