Dua Guru LF Menjadi TOP 25 Literacy Awards Baznas-Republika

Kabar bahagia kembali diterima oleh SMA Plus Liwaul Furqon. Kabar baik kali ini berkaitan dengan torehan prestasi yang diraih oleh dua orang guru LF yang bernama Hakkin Nizar, S.Pd (guru Fisika) dan Iin Amrullah, S.Si (guru Biologi). Kedua guru tersebut berhasil meraih finalis TOP 25 Literasi Award Baznas-Republika tahun 2017. Sebelumnya kedua guru tersebut telah melewati tahap seleksi dalam ajang tersebut yaitu berupa meresensi buku yang telah dibaca dan membuat rancangan program inspiratif yang terisnpirasi dari buku tersebut.

Literasi Award 2017 merupakan kompetisi bagi para pendidik yang berprofesi sebagai pengajar/guru, baik sekolah maupun pesantren. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pendididikan dan Pesantren BAZNAS yang bekerjasama dengan Republika ini bertujuan untuk mendorong para pendidik untuk aktif membaca dan mengambil inspirasi dari buku yang telah dibaca. Dalam kompetisi literasi kali ini, peserta diminta untuk membuat resensi/intisari singkat seputar buku ‘Ayah… Kisah Buya Hamka’ (resensi maksimal 500 kata) dan membuat program pengembangan pendidikan yang terinspirasi dari buku tersebut untuk diterapkan di sekolah/pesantren asal peserta tersebut.

Sebagaimana yang telah diumumkan oleh panitia melalui websitenya tentang TOP 25 Literacy Awards Baznas-Republika, ada dua orang guru SMA Plus Liwaul Furqon yang masuk nominasi ini. Adapun program yang dibuat oleh Hakkin Nizar berjudul “Young Leaders” sedangkan Iin Amrullah programnya berjudul “Coaching Literasi Santri”. Kedua guru tersebut berhasil menjadi finalis 25 besar dan diundang oleh panitia untuk hadir pada pelatihan, penilaian program, dan penganugerahan Literacy Awards 2017 di Bogor pada 30 April-2 Mei 2017. Selama berada di Bogor tersebut, para finalis juga akan mempresentasikan program yang telah dirancangnya.

Setelah melewati pelatihan dan penilaian program oleh dewan juri, dari 25 besar tersebut akan dipilih lagi 5 peserta terbaik yang akan didanai dan diterapkan di sekolah atau pesantren kelima pemenang tersebut. Kelima peserta terbaik tersebut tepat di Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2017, akan dianugerahkan penghargaan atas karyanya. Tidak hanya itu, para pemenang juga akan mendapatkan pembiayaan dan pendampingan atas program yang telah dirancang. Selamat berjuang Pak Hakkin dan Pak Iin, semoga berhasil lolos masuk 5 besar tersebut. Aamiinn yaa robbal’alamin. (*Writer: Iin Amrullah)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *