Ismu Haryanto Latih Tenis Meja Siswa SMA Liwaul Furqon

Siapa yang tak kenal dengan Ismu Haryanto? Atlet tenis meja terbaik Indonesia ini sudah tidak diragukan lagi kehandalannya dalam bermain tenis meja. Bagaimanakah kiprah perjalanan dan lika-liku sang atlet ini hingga bisa menjadi atlet kebanggaan tanah air? Pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah ini berbagi kisah pengalaman, kiprah karirnya dan teknik dasar bermain tenis meja kepada siswa-siwa SMA Plus Liwaul Furqon Bogor. Tepatnya, Sabtu, 12 September 2015 semua siswa LF sudah berkumpul di aula sekolah ini. Acara yang bertajuk “Asyiknya Bermain Tenis Meja” ini secara resmi dibuka oleh Efa Nasrifa,S.Pd selaku Kepala SMA Plus Liwaul Furqon.Selain Ismu, hadir pula perwakilan dari Kemenpora.
Disiplin dan kerja keras, itulah value yang dibagi oleh Ismu kepada siswa-siswa LF saat memaparkan pengalaman dan kiprah karir cemerlangnya itu. Ismu menceritakan perjalanan karirnya menjadi atlet tenis meja yang dimulainya sejak masih duduk di bangku SD. Perjuangan berat yang harus dilaluinya adalah ketika SMP, saya harus latihan ekstra dan disiplin tinggi di asrama, tutur Ismu. Pasalnya masa di asrama adalah penuh dengan latihan fisik dan berlatih tenis meja dari pagi hingga sore. Baru malamnya belajar lewat homeschooling, tambahnya. Selama di asrama tersebut saya terus berlatih, karena tak ada tawar menawar dalam hal disiplin dan kerja keras. Selain itu, yang saya lakukan juga adalah memotivasi diri sendiri harus bekerja lebih keras dari yang lainnya, tegas Ismu dengan semangat berapi-api.

Perjuangan dan kerja keras pasti dibalas dengan hasil yang menyenangkan, itulah yang dialami oleh atlet yang pernah meraih medali emas dalam ajang Sea Games ini. Hal sukanya adalah sangat banyak, seperti bisa naik pesawat, berkunjung ke negara lain, mendapat hadiah ketika juara, mengharumkan nama bangsa dan menjadi skuad tim tenis meja nasional yang waktu itu hanya ada 4 orang, ungkap Ismu. Yang paling berkesan adalah ketika mengikuti ajang olimpiade tenis meja tingkat internasional, saat itu saya pernah mewakili kawasan Asia untuk kejuaraan dunia, jelas atlet yang kini menjadi PNS juga di Kemenpora. “Taktik pertahanan terbaik saya adalah menyerang” jawab Ismu saat ditanya oleh salah seorang siswa dalam sesi diskusi.

Usai memberikan materi dan berbagi kisah perjalanannya, Ismu langsung mengajarkan teknik-teknik dasar dan strategi dalam bermain tenis meja. Secara bergantian Ismu bertanding melawan dewan guru dan beberapa siswa LF sekaligus memberikan coaching permainan tenis meja mulai dari berbagai gaya dalam service, smash, menahan serangan hingga trik-trik dalam bermain tenis meja. Semua orang yang hadir dalam aula ini Nampak terpukau melihat permainan cantik Ismu dalam bermain tenis meja ini. Melalui kegiatan ini siswa-siswa LF sangat senang sekali karena bisa belajar dan dicoaching langsung oleh sang atlet handal kebanggaan Indonesia. Terlebih buat anak-anak yang tergabung dalam ekstrakurikuler tenis meja SMA Plus Liwaul Furqon. Semoga dari sini bisa memunculkan atlet-atlet muda tenis meja handal penerus Ismu Haryanto yang akan berkiprah di masa mendatang.

 

Oleh: In Amullah, S.Si
(Guru SMA Plus Liwaul Furqon Bogor)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *